Senin, 22 Oktober 2012

Sukses itu....

Hi blog,

lagi hujan dan kerjaan lagi seeepiii..soalnya customernya pada ngantuk gara" hujan..
nah daripada bengong dan ngelakuin hal yang engga-engga mending share kajian rutin ahad #MPI di sini aja deh..Itung-itung nginget yang kemaren mumpung masih anget..

Bismillah,

hari minggu 21/10/2012 di mesjid Al-Murossalah.

Sukses ituuuu? nah ini lah yang dibahas pada kajian ahad kemarin.
menurut KH. Yayat Ruhiyat Sukses itu dibagi menjadi 2 yaitu sukses Pandangan umum dan Pandangan Quran.

1. Pandangan umum.

nah coba kawan-kawan jawab sendiri apa definisi sukses itu? yap betul kita  menilai seseorang yang sukses itu ketika orang tersebut memliki sesuatu bersifat fisk (terlihat).

kaya raya.
yah bayangkan kawan kita mempunyai tumpukan batangan emas sebanyak itu, rumah semewah itu, kendaraan secanggih dan semahal Bugatti veyron. Ketika kita tunjukkan pada banyak orang maka respon yang pertama orang lain akan bilang "wah kamu sudah sukses yah?!" Atau ketika menggaet si bunga desa atau menikah dengan aktor tampan  pasti orang orang akan berdecak kagum dan seraya bilang " wah sukses ya kamu menggaet si doi yang tamapn atau yang cantik jelita", Atau mungkin saat kita diamanahi dengan jabatan di kantor misal sebagai direktur atau menejer pasti orang-orang sekitar akan bilang Kamu sekarang sudah jadi orang ya ?! (sebelum punya itu apa dong monyet?, kan tetep orang juga).  

Ya begitulah sukses dilihat ketika kita mempunyai uang dan harta yang banyak, juga mempunyai pasangan hidup yang ganteng/cantik, atau juga ketika jabatan kita sudah tinggi.

Model Sukses Dalam Qur'an

coba hayati kisah" orang yang diabadikan dalam Al-Qur'an dibawah ini
1. Qorun
2. Fir'aun
3. Tsalabah
4. Abu lahab dan Istrinya
5. Bilal Bin Rabbah
6. Abdurrahman bin auf
7. Umar Bin Khattab

Jika dilihat sekilas, Qarun, Firaun, Tsalabah Abu lahab dan istrinya mereka semua memiliki kriteria untuk disebut sukses, kurang banyak apa hartanya qorun bahkan untuk mengangkat kunci -kunci ruang hartanya saja di perlukan beberapa orang yang kuat (ada yang bilang 5 ada yang bilang 10), kurang kuasa apa fir'aun daerah kekuasaannya membentang luas, kurang banyak apa dombanya tsa'labah bahkan konon bukit 1 bukit di madinah tak mampu menampung domba-dombanya Tsa'labah, Kurang apa dari paras abu lahab dan istrinya juga kedudukan dia di masyarakat Quraisy kala itu?

namun jika kita telaah akhir hidup mereka mereka mengenaskan, Qarun dan seluruh hartanya lenyap ditenggelamkan Alloh ke dalam perut bumi, Firaun Alloh abadikan jasadnya hingga sekarang agar menjadi bukti. Bukti bahwa Sombong adalah pakaian Alloh satu-satunya yang tak laik dipakai oleh kita sebagai mahluk. Kisah Tsa'labah menggambarkan kekikiran dan pengingkaran atas apa yang pernah dia ucapkan di hadapan Rasulullah, Kisah abu lahab bahkan lebih mengenaskan sampai di abadikan dalam 1 surat di Al-Quran surat Al-lahab..apakah itu yang disebut sukses?

Jika kita lihat Bilal, siapa dia? dia hanya budak belian yang murah harganya, tak bermartabat sama sekali, namun pada Alloh sudah menyiapkan sandal di surgaNYA bahkan sandal itu sudah di siapkan sedari bilal masih hidup,

Jika kau tahu sekaya apa abdurrahman bin auf Sebagai gambaran aku kutip dari blognya kang Andi dalam tulisannya Perjuangan rasul didukung para milyuner Abdurrahman bin auf pernah menyumbangkan hartanya pada perang tabuq sebanyak 300 uqiyah emas atau sebanding dengan 3,5 Milyar rupiah, lalu warisan yang beliau tinggalkan ketika wafat adalah 2,275 Trilitiun rupiah..orang sekaya dan sedermawan itu saja menuju surga dengan merangkak! (bagaimana dengan kita ?)
Aisyah radiyallahuanha pernah berbincang dengan abu Salamah (anak dari abdurrahman bin auf) Sesungguhnya Alloh memberi minum ayahmu dari mata air surga, dan dia membayarnya sekali minum dengan 40 dinar (untuk redaksi lengkap dan benar harap di cek di HR Tirmidzi)
NOTE : 40 dinar itu sekitar 96 juta rupiah..

Lalu Umar, Kurang kuasa apa itu umar, Luas area pemerintahannya membentang dari mesir seluruh jazirah arab hingga pakistan, namun ada kata" yang terkenal dari beliau dan sampai sekarang masih belum ada pemimpin yang menyamai beliau
Jika ada rakyatku yang kelaparan maka aku akan jadi yang pertama dalam merasakan rasa laparnya dan jika seluruh rakyatku kekeknyangan maka biarkan aku yang merasakan paling akhir
Subhanalloh

Pertanyaan Siapa tokoh favorit anda

  1. si kaya Qorun?
  2. sang penguasa Hebat Fir'aun?
  3. Si pengusaha sukses Tsa'labah?
  4. Pemimpin beristri cantik seperti Abu lahab dan istrinya?
  5. Budak belian bernama Bilal?
  6. Hartawan dan dermawan Abdurrahman bin Auf?
  7. Pemimpin yang adil dan sederhana Umar bin Khattab?

Lalu menurut anda Sukses itu?


2 komentar: